Clock

Rabu, 01 Juni 2011

Sejarawan: Pancasila tak Bertentangan dengan Islam

Ideologi Bangsa Indonesia, Pancasila, ternyata tidak bertentangan dengan ajaran Islam, kata Sejarawan Prof Achmad Mansur Suryanegara dalam diskusi "Pancasila dan Generasi Muda" dalam rangka Peringatan Hari Pancasila, di Ruang Utama Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) Kota Bandung, Rabu.

Menurut Prof Mansur para kiai besar di Tanah Air ini ikut serta atau menjadi salah satu penggagas dalam pembentukan Pancasila. "Ayah Kandung Gus Dur, KH Wahid Hasyim adalah satu penggagas Pancasila, tapi mereka ditiadakan dalam fakta sejarah," kata Prof Mansur.

Menurutnya, ketiadaan fakta sejarah ini yang membuat pandangan bahwa Pancasila bertentang dengan ajaran Islam.
Selain itu, lambang bintang dalam Pancasila bukanlah lambang bintang semata. "Lambang bintang dalam Pancasila namanya bukan bintang tapi Nurcahaya dalam bintang," katanya.

Sementara itu, Pengamat Pergerakan Generasi Muda Oky Syaiful R Harahap menyatakan bahwa ber-Pancasila berarti ber-Indonesia. "Jika ditelaah lebih jauh, ber-Pancasila berarti ber-Indonesia karena nilai Pancasila adalah kandungan harta yang digali dari bumi pertiwi," kata Oky.

Menurutnya, bagi kaum muda saat ini tantangan ke depan bukan hanya mengangkat bambu runcing dalam mengusir penjajah. Namun, kata Oky, jauh lebih fundamen dari itu ialah mempersiapkan diri dan lingkungan sekitar agar menjadi juara. Ia menambahkan, untuk pendidikan formal diperlukan sebuah kebijakan pemerintah untuk melakukan ideologisasi Pancasila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar